Monday 28 November 2011

Mencoba lagi..

Beberapa bulan yang lalu saya mendapatkan benih Indigofera dadi Iful Ambarawa, tetapi saya belum jelas betul species nya, karena belum berbunga..kemungkinan besar Indigofera tinctoria. Saya tanam bibtnya dihalaman samping rumah, waktu baru umur dua bula tertimpa pohon pisang karean ada angin kencang. Alhamdulillah tidak rusak berat. Seminggu yang lalu, saya panen beberapa batang yang sudah siap panen, lalu direndam didalam kulai. Saya berharap walau sedikit dapat memberikan hasil yang menakjubkan. Setelah satu malam , kuali saya buka, ternyata sudah mulai timbul langit-langit biru diatas permukaan air, tapi sayang tidak semua daun tecelup kedala air. Akhirnya saya rendam semalam lagi, dibantu tumpukan batu supaya daun terendam semua. Sehari kemudian saya buka kembali kuali, dan hasilnya lebih bagus dari sebelumnya. Secarik kain sutra saya siapkan untuk uju coba. Ternyata hasil tidak memuaskan....hasil warna hanya hijau tipis..walau sudah beberapa kali saya celupkan. Akhirnya saya coba tambahkan kapur untuk menaikkan ph...Beberapa saat kemudian saya coba lagi secarik sutra saya celupkan ..ternyata hasil lebih bagus...beberapa kali pencelupan timbul warna biru terang. Alhamdulillah...Proses apa yang masih tertinggal...??? saya mesti cari tahu...saya tidak boleh menyerah.

No comments: